Aceh dan Kelantan sama Julukan, Serambi Mekkah

Foto: Humas Aceh

Foto: Humas Aceh


Banda Aceh – Pemerintah Aceh menerima kunjungan Ahli Jemaah Ulama Majelis Agama Islam dan Adat Istiadat Melayu Kelantan di ruang rapat Sekretaris Daerah Aceh, Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh Kamis 11 Agustus 2016. Kedatangan ahli Jemaah Ulama dan Adat Istidat tersebut untuk melakukan study banding dengan pemerintah Aceh terkait kebijakan Pemerintah Aceh dalam berbagai hal Keagamaan dan Adat Istiadat. Mereka juga menikmati wisata di Banda Aceh.

Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Syahrul yang memimpin pertemuan tersebut mengatakan, kedatangan tamu dari Kelantan tersebut selain mempererat hubungan silaturrahmi anatra Kelantan dan Aceh juga akan menjadi ajang untuk saling berbagi pengetahuan tentang penerapan dinul Islam dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Aceh dan Kelantan.

Syahrul menjelaskan, sebagai Daerah khusus Aceh memiliki beberapa lembaga yang berbeda dari daerah lain di Indonesia. “Aceh memiliki lembaga adat istiadat yang disebut dengan Majelis Adat Aceh, selain itu, ada lembaga Baitul Mal, Badan Dayah, dan lembaga Wali Nanggroe,” kata Syahrul.

Sementara itu, , Dato H. Mohd Nasruddin yang memimpin rombongan dari Kelantan menyampaikan bahwa Kerajaan Kelantan memilki kesamaan dengan Aceh, salah satunya ada julukan Kelantan sebagai Serambi Mekkah. “Aceh disebut sebagai Serambi Mekkah, begitu juga dengan Kelantan. Di Kelantan juga banyak orang Aceh yang merantau ke sana” kata Dato Nasruddin.

Dato Nasruddin berharap, hubungan Aceh dan Kelantan dapat terus dipererat agar Aceh dan Kelantan dapat saling belajar dalam menerapkan Syariat Islam dan juga dalam berbagai bidang lainnya, termasuk membangun kebudayaan dan adat istiadat. [AW]