32 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Boat Atas Rumah

Boat di atas rumah4
Banda Aceh – Selain kapal PLTD Apung, situs Boat atas Rumah di Lampulo juga termasuk objek wisata keajaiban tsunami yang paling menyedot perhatian wisatawan di Kota Banda Aceh. Dalam lima bulan terakhir ini situs ini setidaknya sudah dikunjungi 32.725 turis.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Fadhil, dari 32.725 wisatawan yang tercatat didata kunjungan selama Januari-Mei 2015, sebanyak 25.464 orang adalah wisatawan dalam negeri. “Lainnya dari mancanegara, paling banyak tetap Malaysia,” katanya, Jumat, 26 Juni 2015.

Kunjungan paling ramai tercatat selama bulan lalu yakni mencapai 8.114 orang, mengalahkan kunjungan pada Januari yang hanya 5.413 orang. Banyaknya kunjungan selama Mei diyakini karena berpapasan dengan musim libur sekolah.

Selain boat nelayan yang diseret tsunami ke atas rumah warga sekaligus menyelamatkan 59 orang itu, Disbudpar juga mencatat tingkat kunjungan wisatawan dan peziarah ke Makam Syiah Kuala di Dayah Raya.

Selama lima bulan terakhir, makam ulama besar sekaligus mufti Kerajaan Aceh Darussalam bernama Syech Abrurrauf Al Fansuri As Singkily itu dikunjungi 18.662 orang baik dari dalam maupun luar negeri. [SM]