10 Negara Ikuti Forum Zakat Dunia di Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Lembaga pengelola zakat dari 10 negara berkumpul di Banda Aceh. Mereka mengikuti Forum Zakat Dunia atau World Zakat Forum, membahas standarisasi pengelolaan zakat yang bisa digunakan secara international di Hotel Hermes Palace, Selasa hingga Rabu 9-10 Juni 2015.

Ke 10 negara adalah Arab Saudi, Turki, Bosnia, Malaysia, Afrika Selatan, India, Tanzania, Bangladesh, Jordan dan Indonesia. Pertemuan diisi dengan seminar bertajuk “Developing International Standards for Zakat Management.”

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Prof Machasin berharap, forum ini bisa menghasilkan suatu standar pengelolaan zakat yang dapat dipakai di seluruh dunia. “Sehingga manfaat zakat bagi mustahiq lebih optimal,” katanya.

Zakat, kata dia, dapat berperan besar dalam mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat, jika dikelola dengan baik.

Forum Zakat Dunia ini sebelumnya digelar di Amerika Serikat. Tahun ini Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah. Awalnya forum ini direncanakan digelar di Bali, namun setalah Banda Aceh diresmikan sebagai kota destinasi wisata Islam dunia atau World Islamic Tourism, penyelenggaraan forum ini disepakati di Ibu Kota Provinsi Aceh.

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal berharap, dengan status Banda Aceh sebagai destinasi wisata Islami dunia, kedepan ajang-ajang yang berkaitan dengan syariah bisa digelar di Banda Aceh. Illiza mengatakan pemerintahnya sangat komit menjalankan syariat Islam secara kaffah. [SM]