Seratus Mahasiswa Unsyiah Ekspedisi Pulau Simeulue

18 Oktober 2016

Foto: Humas Unsyiah

Foto: Humas Unsyiah


Banda Aceh – Seratus mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengikuti ekspedisi ke Pulau Simeulu dan Pulau Banyak yang bertajuk Ekspedisi Nusantara Jaya 2016. Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia ini akan berlangsung sejak 18-28 Oktober 2016.

Para peserta ekspedisi akan ditempatkan di kecamatan Simeuleu Cut dengan fokus program di bidang pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, dan lingkungan. Keberangkatan para mahasiswa tersebut diawali dengan pelepasan oleh Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal bersama Kepala Bidang Teknis, Pendidikan, dan Pelatihan Menko Kemaritiman, Muhammad Suhendar di Balai Senat Unsyiah, Senin 17 Oktober 2016.

Suhendar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman pemuda untuk bersentuhan dengan masyarakat di pulau terluar dan terdepan Indonesia. Selain itu juga untuk mempromosikan wisata di wilayah tersebut.

“Pada Ekspedisi Nusantara Jaya 2016, Unsyiah termasuk universitas yang mengirimkan peserta terbanyak dibandingkan dengan universitas lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Pulau Simeulu dan Pulau Banyak, seperti sosialisasi tanggap bencana, wawasan kebangsaan, pembuatan taman baca, pemeriksaan kesehatan, sosialisasi hidup sehat, pengolahan nugget ikan, pengolahan sampah, sosialisasi pelestarian lingkungan, dan pembuatan dokumentasi potensi wisata.

Di sisi lain, Rektor Unsyiah berharap mahasiswa yang terlibat dalam ekspedisi ini mampu memberikan sumbangsih yang berarti bagi masyarakat setempat terutama di bidang pendidikan. Sebab, tingkat pendidikan di daerah tidak sama jika dibandingkan dengan tingkat pendidikan di perkotaan.

Prof Samsul juga mengajak mahasiswa agar mengabadikan keindahan alam dan momen-momen selama berlangsungnya ekspedisi, terutama melalui media sosial sehingga masyarakat di luar Aceh mengetahui potensi wisata Aceh yang patut mereka kunjungi. [AW|Ril]