Ragam Kegiatan Meriahkan 100 Tahun Museum Aceh

30 Juli 2015

Reza Fahlevi membuka 100 tahun Meseum Aceh | Foto: Ahmad Ariska

Reza Fahlevi membuka 100 tahun Meseum Aceh | Foto: Ahmad Ariska


Banda Aceh – Bermacam kegiatan akan memeriahkan peringatan hari jadi ke 100 Museum Aceh pada 30 Juli-4 Agustus 2015. Semuanya dipusatkan dalam komplek museum beralamat di Jalan SA Mahmudsyah, Kota Banda Aceh.

Di antaranya pameran sejarah yang diikuti enam museum ternama di Indonesia yakni Museum Nasional, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta, Museum Vredeburg Yogjakarta dan Museum Aceh.

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dan Pusat Dokumentasi Informasi Aceh juga ikut memamerkan bermacam koleksinya dalam expo dari pagi hingga siang itu.

Kegiatan lainnya adalah story telling dan sosialisasi sejarah Aceh kepada pelajar, bazar, pemutaran film dokumenter dan aneka lomba.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi mengatakan, rangkaian kegiatan ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat tentang sejarah, dan menumbuhkan kecintaan terhadap museum. “Kita ingin memberikan informasi dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat bagaimana perjalanan sejarah Aceh,” ujarnya, Selasa, 29 Juli 2015.

Pemerintah Aceh, kata dia, terus berupaya meningkatkan pelayanan dan menambah koleksi museum, sehingga semakin banyak masyarakat yang tertarik berkunjung ke museum. “Museum merupakan pusat ilmu pengetahuan.” [SM]