Ragam Atraksi akan Warnai Hari Nusantara di Banda Aceh

3 Juli 2015

hari-nusantara
Banda Aceh – Kota Banda Aceh menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara pada 13 Desember 2015. Empat ribu tamu diperkirakan akan hadir dalam acara memperingati Deklarasi Djuanda yang akan dipusatkan di Gampong Lampulo nanti.

Pemerintah kota menyatakan siap menyukseskan even nasional itu. Hal itu disampaikan Wali Kota Hj Illiza Saaduddin Djamal, SE dalam pertemuan dengan Danlanal Sabang Kolonel (P) Sujatmiko SE dan Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Agus Dwi Laksana Putra berserta sejumlah staf di Balai Kota Banda Aceh, Kamis, 2 Juli 2015. Ikut hadir juga Wakil Wali Kota Drs H Zainal Arifin, Sekda Ir Bahagia Dipl SE, dan Kepala DKPP Drh Mawardi Silvakarta.

“Kami selaku tuan rumah siap men-support apa-apa saja yang dibutuhkan. Kami juga akan berkoordinasi dengan pemerintahan provinsi karena ini menyangkut nama baik Aceh,” ujar Illiza.

Dia mengharapkan komunikasi dan koordinasi dengan panitia daerah maupun nasional bisa lebih intens dilakukan. “Kami sangat terbuka dan siap menyukseskan Hari Nusantara 2015,” kata Illiza seraya menekankan pentingnya memberikan rasa aman dan nyaman bagi para tamu yang akan datang nantinya

Danlanal Sabang Sujatmiko menyebutkkan, pihaknya bersama tim dari Mabes TNI AL baru saja menyelesaikan survei di kawasan Lampulo terkait keikutsertaan TNI AL pada peringatan Hari Nusantara 2015.

“TNI AL rencananya akan melakukan sejumlah atraksi guna memeriahkan Hari Nusantara 2015, di antaranya demo terjun payung, pendaratan ke tank amphibi dan parade kapal tradisional. Mengingat ini agenda besar, tentu kami butuh dukungan dari Pemko Banda Aceh selaku tuan rumah.”

Danlanal Lhokseumawe Agus Dwi Laksana Putra, menambahkan, aksi demonstrasi personel TNI AL pada ajang diselenggarakan oleh Kemeterian ESDM tersebut nantinya akan berlangsung meriah. “Hasil survei kami pun bersama delapan anggota tim dari Mabes TNI-AL cukup memuaskan,” katanya.

Sekdako Banda Aceh, Bahagia menyatakan, sejak diluncurkan Menteri ESDM di Cirebon, Jawa Barat, awal Juni lalu, Hari Nusantara telah dan akan diisi dengan beragam kegiatan mulai dari seminar hingga pameran batu akik Aceh.

Acara puncaknya, kata Bahagia, akan digelar di kawasan Pelabuhan Lampulo pada 13 Desember 2015. Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan hadir langsung di sana bersama sejumlah menteri dan kepala daerah di Indonesia.

Terkait lonjakan tamu yang akan datang ke Banda Aceh pada hari H, ia mengatakan pihaknya akan menggandeng hotel-hotel yang berada di Aceh Besar guna pemenuhan penginapan bagi para tamu.

“Di Banda Aceh kita punya 1.700 fasilitas kamar hotel, ditambah dengan hotel yang masuk dalam kawasan Aceh Besar, insya Allah bisa kita handle,” katanya. [SM]