Pekan Kreatif Banda Aceh 2015 Dimulai

Foto: Ahmad Ariska

Foto: Ahmad Ariska


Banda Aceh – Pekan Kreatif Kota Banda Aceh 2015 resmi dimulai. Kegiatan berlangsung di Taman Putroe Phang hingga 31 Mei nanti, menampilkan aneka kegiatan sebagai bagian dari promosi potensi wisata Kota Madani.

Kegiatan digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Banda Aceh ini diikuti 30 komunitas di Aceh. Mereka memamerkan beragam produk-produk hasil kreatifitasnya seperti kerajinan, advertising, fashion, desain grafis, arsitektur, seni rupa, film, souvenir, aksesoris, kuliner dan lainnya.

Selanjutnya ada edukasi kreatif, pertunjukan seni budaya, lomba stand up komedi cagok Aceh, aksi band akustik dan talk show. selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan payung warna warni yang digantung di area expo. Keunikan atap payung ini dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto ria.

Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal membuka acara ini secara resmi, dihadiri seratusan warga dari berbagai unsur termasuk pejabat di jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh, Jumat, 29 Mei 2015.

Dalam sambutannya, Illiza mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemko dalam mendorong kreatifitas masyarakat. Menurutnya perkembangan ekonomi kreatif di Banda Aceh kian pesat, dan memberikan dampak positif bagi warga dan pembangunan daerah.

Wali kota mengajak masyarakat terus mengembangkan kreatifitas, terutama anak-anak muda agar dapat membawa nilai kreatifitasnya kepada hal-hal positif dan bernilai syariat Islam.

Kreatifitas bernilai syariat, kata dia, menjadi salah satu nilai jual Banda Aceh sebagai Kota Madani sekaligus destinasi wisata Islami dunia. “Tahun depan saya berharap acara ini dibuat semakin meriah,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh, Fadhil mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap ragam kreatifitas yang hadir di masyarakat. “Harapannya kegiatan ini bisa menjadi acuan bagi masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan skill dimilikinya.” [SM]