Meriahnya Pawai Ramadhan di Banda Aceh

Pawai Ramadan 2015 | Foto: Ahmad Ariska

Pawai Ramadan 2015 | Foto: Ahmad Ariska


Banda Aceh – Kota Banda Aceh pagi ini bak lautan manusia. Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan memeriahkan pawai akbar menyambut bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah, dengan menelusuri jalan-jalan protokol.

Wali Kota Illiza Saaduddin Djamal Banda Aceh mengatakan, tarhib Ramadhan bertajuk ‘Parade Madani’ ini bagian dari agenda tahunan pemerintah kota, untuk menyemarakkan suasana jelang puasa, sekaligus penyampaian syiar dakwah Islam. “Agar semua masyarakat benar-benar bersuka ria menyambut datangnya bulan suci,” kata Illiza seusai pawai, Kamis 11 Juni 2015.

Peserta pawai mulai dari pelajar, guru, PNS dijajaran Pemko Banda Aceh, ormas Islam dan para pejabat. Dilepas wali kota, aksi pawai mengambil start dari Lapangan Blang Padang. Massa kemudian mengular berjalan kaki sekira 10 kilometer melintasi Museum Tsunami, Pendopo Gubernur Aceh, Jalan Tgk Chik di Tiro hingga Simpang Surabaya.

Foto: Ahmad Ariska

Foto: Ahmad Ariska

Peserta yang dominan berpakaian putih kemudian berbelok ke arah Simpang Jambo Tape, menelusuri Jalan Daud Beureuh, Bundaran Simpang Lima, Jalan SA Mahmudsyah dan sebelum finish di depan Masjid Raya Baiturrahman.

Dalam aksinya peserta dikawal polisi, ikut membawa bermacam replika seperti ka’bah, pinto Aceh, becak hias, spanduk dan poster-poster berisi pesan moral. Sepanjang pawai mereka melantunkan shalawat, zikir, juga takbir.

Warga yang tak ikut dalam barisan pawai berjejer di trotoar maupun median jalan, menyaksikan parade manusia. Tak sedikit yang mengabadikannya dengan kamera ponsel dan berselfi ria.

Melalui pawai ini, wali kota mengajak semua masyarakat untuk memanfaatkan Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah, sehingga memperoleh kemenangan. [SM]