Lomba Zikir Meriahkan HUT Banda Aceh

26 April 2015

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh menggelar lomba zikir barzanji (dikee) di Masjid Taqwa, Seutui. Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Banda Aceh ke-810, berlangsung hingga 26 April 2015.

Lomba zikir diikuti tim-tim perwakilan dari sembilan kecamatan di Banda Aceh ini, selain untuk melestarikan adat dan budaya, juga bagian dari mensyiarkan Islam. Lewat kegiatan ini masyarakat diajak sekalian membudayakan zikir sebagai salah satu khazanah Islam, seperti termaktub dalam tema acara.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kota Banda Aceh, Bahromsyah, SSos MM dalam sambutanya saat membuka acara, menyampaikan apresiasi kepada MAA yang telah menyelenggarakan Perlombaan Zikir Aceh 2015. “Pemerintah Kota Banda Aceh sangat mendukung terhadap berbagai upaya yang dilakukan dalam menghidupkan syiar Islam di gampong-gampong,” katanya mewakili Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal, Jumat, 24 April 2015.

Pemko tahun ini terus berupaya meningkatkan pemahaman tentang adat dan istiadat Aceh yang Islami, lewat pendidikan formal maupun nonformal. “Tidak hanya bagi anak-anak di usia sekolah, namun juga kepada seluruh masyarakat,” sebutnya.

Menurutnya syariat Islam yang menjadi ‘jenderal pembangunan’ Banda Aceh saat ini, harus menjadi upaya berkelanjutan yang dilakukan bersama. “Keberhasilan menjadikan Banda Aceh sebagai model Kota Madani akan menjadi catatan penting sejarah perjalanan kota tua bersejarah ini.”

Para peserta perlombaan diharapkan dapat memberikan penampilan yang terbaik. “Bukan kemenangan yang menjadi tujuan utama dari perlombaan ini, akan tetapi menggemanya syiar islam di kota ini yang selalu kita harapkan,” pungkasnya.

Selanjutnya, tampil sebagai peserta pertama adalah grup zikir Aceh “Bijeh Muda” dari Kecamatan Lueng Bata. Penampilan mereka disaksikan langsung oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Politik dan Hukum Ir T Iwan Kesuma, Ketua MAA Banda Aceh Sanusi Husein SSos dan Kabag Keistimewaan Setdako Banda Aceh Zahrol Fajri Sag. [SM]