Hari Sanger Dunia 2015 di Pasar Atjeh

Sanger pasar Aceh
Banda Aceh – Setelah sukses tahun sebelumnya, warga Aceh kembali merayakan Hari Sanger International pada Sabtu malam, 31 Oktober 2015. Kegiatan dipusatkan di Pelataran Pasar Atjeh, Jalan Diponogoro, Kota Banda Aceh akan dimeriahkan dengan aksi minum sanger bersama secara lesehan sambil mengenakan kain sarung.

Ini tahun ketiga Sanger Day diperingati di Aceh. Sanger adalah minuman khas Aceh berupa racikan kopi hitam dengan sedikit susu kental manis dan gula. Rasanya unik; tak pahit, dan tidak terlalu manis. Mudah dijumpai di warung-warung kopi atau kafe di Banda Aceh.

Hari Sanger sayogianya jatuh pada 12 Oktober. Dua pekan lalu anak-anak muda kota ini telah memperingatinya dengan menyeruput sanger secara sederhana di beberapa warung kopi. Acara puncaknya malam ini akan dirayakan lebih meriah.

Penanggung jawab kegiatan, Irwanti mengatakan persiapan untuk malam puncak Sanger telah rampung untuk digelar malam nanti. “Komunitas @iloveaceh dibantu oleh sejumlah tim kreatif sudah persiapkan segala keperluan, termasuk menyediakan sanger dan peunajoh Aceh yakni timphan bagi 100 pengunjung yang kita bagikan gratis,” sebutnya.

Beberapa konsep acara pun telah dikemas dengan mengangkat kembali kearifan lokal, yakni pengunjung akan menggunakn dress code kain sarung sembari duduk lesehan menikati sanger ditemani timphan. Mirip kebiasaan masyarakat Aceh menikmati kopi di kampong-kampung.

“International Sanger Day tahun ini mengangkat tema “Sanger ban sigom donya”, selain konsep ala street food yang kita tawarkan secara lesehan bagi pengunjung nantinya penikmat sanger juga akan diajak bincang-bincang terkait perkembangan minuman khas Aceh yang diharapkan menjadi ikon menarik sebagai bentuk promosi dan daya tarik wisata di Aceh,” ujar Irwanti.

Disela-sela kegiatan, pengunjung Sanger Day juga akan dihibur oleh penyanyi solo pendatang baru, Tereza & Friends serta Amoba Band. Dan yang menariknya bagi pengunjung dengan dress code paling sesuai dan terbaik akan mendapatkan merchandise dari pendukung acara.

Acara International Sanger Day merupakan kegiatan yang diinisiasi secara swadaya oleh Komunitas @iloveaceh dan ILATeam Management yang turut didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Nescafe Indonesia, Timphan Asoe Kaya, Peugot Aceh, Ija Kroeng Hand Made Aceh, Syarikat Agam Inong (SAIN) Aceh dan Jambo Desain.[SM]