Disbudpar Ajak Komunitas Foto Promosikan Banda Aceh

Foto: acehterkini.com

Foto: acehterkini.com


Banda Aceh – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh mengajak komunitas fotografi mempromosikan ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

“Promosi pariwisata melalui visual seperti foto merupakan cara paling efektif. Karena itu, kami mengajak komunitas fotografi mempromosikan pariwisata Banda Aceh,” kata Kepala Disbudpar Kota Banda Aceh Drs Rizha MM di Banda Aceh, Sabtu 3 November 2016.

Pernyataan tersebut disampaikan Rizha dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Disbudpar Kota Banda Aceh, Said Fauzan pada pelatihan fotografi jurnalis. Pelatihan berlangsung 3 – 4 Desember 2016.

Pelatihan diikuti 30 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa serta fotografer media online tersebut menghadirkan Bedu Saini (fotografer Harian Serambi Indonesia), AK Jailani (fotografer portal foto Acehimage) dan Ariful Azmi Usman (redaktur Harian Rakyat Aceh) sebagai pemateri.

Menurutnya, komunitas fotografi semakin banyak dan tumbuh seiring kian pesatnya perkembangan teknologi. Teknologi sekarang ini juga semakin memudahkan

Dengan pelatihan ini, lanjut dia, diharapkan para peserta bisa lebih mengerti mengenai teknik fotografi serta pembuatan teks fotonya, sehingga foto-foto yang dihasilkan memiliki nilai jurnalistik tinggi. “Kami juga berharap peserta pelatihan ini bisa menjadi duta yang akan mempromosikan pariwisata Kota Banda Aceh dan Aceh para umumnya,” kata Said.

Menurutnya, pemerintah kota terus menggencarkan promosi pariwisata di ibu kota Provinsi Aceh tersebut. Promosi dilakukan agar Kota Banda Aceh menjadi destinasi pariwisata dunia.

Memajukan pariwisata, lanjut dia, harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Termasuk jurnalis foto atau fotografer maupun komunitas foto. “Tanpa kerja sama itu, sulit memajukan sektor pariwisata. Semakin banyak wisatawan berkunjung ke Banda Aceh akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat.” [Ril]