Banda Aceh Siap Jadi Kota Layak Anak

31 Agustus 2015

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Banda Aceh terus berupaya agar menjadi kota layak anak. Selain menggelar berbagai event untuk merangsang kreativitas anak, pemerintah kota juga akan terus menambah taman bermain anak dan fasilitas penunjang lainnya.

Hal itu disampaikan Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, disela peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2015 di Taman Sari Bustanussalatin Banda Aceh, yang dihadiri ribuan anak-anak mulai dari murid Pendidikan Anak Usia Dini hingga SMA/sederajat.

Menurutnya selain menambah taman bermain anak, taman yang telah ada seperti di area Taman Sari dan Putroe Phang akan direvitalisasi agar makin menarik untuk anak-anak.

“Kita juga terus menyerukan agar setiap gampong (desa) menyediakan fasilitas-fasilitas untuk bermain anak. Karena pada dasarnya anak-anak sangat senang bermain, dengan bermain sebetulnya mereka juga tengah belajar,” ujarya, Minggu, 30 Agustus 2015.

Dia juga mengingatkan agar para orangtua mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Pada dasarnya, kata dia, tak ada anak yang bandel atau bodoh, melainkan mereka memiliki karakter berbeda.

“Peran orang tua sangat penting dalam menjadikan generasi ke depan sebagai generasi yang benar-benar dapat menjalankan hidupnya sesuai apa yang Allah perintahkan.”

Peringatan HAN di Banda Aceh meriah. Diawali dengan pawai ribuan siswa, kemudian dilanjutkan dengan aksi melukis bersama pada kanvas (finger painting), marching band, serta penampilan kesenian seperti tarian.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Badrunisa mengatakan, acara ini bertujuan memberi ruang kepada anak untuk meningkatkan kreatifitasnya. “Sekaligus kita ingin membuka kesadaran masyarakat untuk melindungi dan meminimalisir angka kekerasan terhadap anak.” [SM]