Aktivitas Keagamaan Selama Ramadhan di Banda Aceh

Banda Aceh – Bulan suci Ramadhan di Aceh akan diisi dengan berbagai aktivitas keagamaan dan syiar. Pemerintah Kota Banda Aceh menyiapkan tim untuk Safari Ramadhan dan Dialog Dakwah Ramadhan selama bulan puasa 1434 Hijriah.

“Setiap bulan puasa tim Safari Ramadhan Pemko akan mengunjungi sejumlah masjid untuk melaksanakan shalat tarawih bersama warga, di setiap masjid yang dikunjungi, Tim safari biasanya akan membawa dana untuk kemakmuran Masjid,” ujar Kabag Humas Pemko Banda Aceh, Marwan, Selasa, 9 Juni 2015.

Safari akan dimulai di Masjid Agung Al Makmur, Lamprit. Selanjutnya tim akan mengunjungi masjid-masjid lain yang ada dalam sembilan kecamatan di Kota Banda Aceh. Tim ini akan diikutsertakan seorang penceramah yang akan memberikan tausiah sebelum shalat tarawih.

Selain itu Pemko juga akan menggelar kegiatan dakwah bagi para perempuan di sejumlah gampong di Banda Aceh. Dakwah ini akan diisi oleh penceramah perempuan, dari 18 Juni hingga 8 Juli 2015. Walikota juga akan mengisi ceramah di Masjid Agung Al-Makmur pada 18 Juni, sementara diwaktu yang sama juga digelar kegiatan dakwah di sejumlah gampong-gampong, “dengan penceramah dan pendengarnnya juga dari kalangan perempuan,” ujarnya.

Berikutnya juga ada agenda Dialog Dakwah Ramadhan yang akan berlangsung di Aula Lantai IV Gedung A Balai Kota Banda Aceh. Inilah jadwal, pengisi serta tema Dialog Dakwah Ramadhan 1436 H.

– 5 Ramadhan, pukul 08.30 s/d 11.00 Wib, penceramah Ust Mizaj Iskandar, Lc, LLM, materi ceramah: Fiqih Ramadhan.
– 7 Ramadhan, pukul 08.30 s/d 11.00 Wib, penceramah DR. Muhammad Yasir Yusuf, MA, materi ceramah: Perbankan dalam Ekonomi Syariah
– 9 Ramadhan, pukul 08.30 s/d 11.00 Wib, penceramah Tgk. Azhar Ibrahim, Lc, materi ceramah : Mewaspadai Aliran Sesat.
– 2 Ramadhan, pukul 10.00 s/d 12.00 Wib, penceramah Tgk Muhammad Yusuf A Wahab (pimpinan Dayah di Jeunib), materi ceramah: Pembinaan Aqidah dan Akhlak Ummat.
– 14 Ramadhan, pukul 08.30 s/d 11.00 Wib, penceramah Ust. Fakhruddin Lahmuddin, S.Ag, M.Pd, materi ceramah: Semongat Mendalami Al Quran.[SM]