Kunjungan Cruise Makin Meningkat di Sabang

21 Januari 2016

Foto:: Humas BPKS

Foto:: Humas BPKS


Sabang – Semakin meningkatnya kunjungan Cruise (Kapal Pesiar Mewah) ke Kota Sabang, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) mengajak travel agent agar dapat berkiprah mengembangkan sayapnya hingga ke Kota Sabang ini.

Hal ini mengingat bahwa selama ini terlihat masih banyak turis-turis cruise yang belum dapat diakomodir secara menyeluruh oleh travel agent yang biasa melayani penumpang-penumpang kapal. Sehingga, hampir separuh dari jumlah turis yang berkunjung ke kota sabang ini memilih jalan sendiri-sendiri karena tidak dapat terakomodir.

Kepala BPKS Fauzi Husin yang diwakili oleh Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan mengatakan, bahwa pertumbuhan kunjungan cruise ke Sabang ini mulai meningkat. Bahkan dalam bulan Januari ini saja sedikitnya ada tiga cruise yang berkunjung.

“Ini merupakan peluang bagi travel agent, karena masih banyak turis yang belum dapat diakomodir,” ujar Syafruddin Chan usai menyambut Nahkoda MV Seven Seas Voyager saat sandar di Pelabuhan BPKS, Kamis 21 Januari 2016. Menurutnya, hal ini merupakan peluang bisnis untuk tumbuhnya travel-travel agent lainya di Kota Sabang ini, karena masih banyak agenda-agenda kunjungan cruise lainya pada tahun 2016 ini

Sebagaimana dicontohkan, pada kunjungan Cruise Seven Seas Voyager pada Kamis (21/1) kemarin, dari jumlah total penumpang 682 orang, hanya separuhnya saja yang ditangani oleh travel agen sedangkan sisanya memilih jalan sendiri.

” Kendraaan yang dipersiapakan oleh travel agent masih kurang hal itu dikarenakan minimnya ketersediaan kendaraan roda empat dan tiga (becak) yang di Sabang ini. Sehingga banyak dari para turis berkeliling menikmati wisata Sabang secara individu tanpa mengambil paket,” katanya.

Dengan melihat kondisi realita yang ada, pihak BPKS mengajak travel-travel agent lainya agar dapat berkiprah di Sabang, dengan memanfaatkan kunjungan cruise ke Kota Sabang ini.

Kembali Singgah
Sementara itu, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah mengatakan, MV Seven Seas Voyager kembali singgah ke Kota Sabang dengan membawa 682 turis asa Eropa, Amerika dan Asia. Kedatangannya kali ini merupakan kunjungan kedua, setelah singgah pada tanggal 14 Januari 2016 silam.

“Alhamdulillah, mereka kembali singgah ke Sabang dengan membawa penumpang lainya. Kalau sebelumnya mereka membawa sebanyak 689 penumpang, kali ini mereka membawa 682 penumpang,” ujar Kepala Unit Manajemen Pelabuhan, Zulkarnaini Abdulah.

Dikatakan, kapal mewah yang dinahkodai oleh Capt Daniel Green itu, tergolong besar dimana kapal berbendera Bahamas/Nassau itu, memiliki jumlah lantai sebanyak 13 deck, dengan 9 deck penumpang dan 4 deck crew.

Kapal yang akan melanjutkan perjalanan ke Yangon, Myanmar itu juga memiliki panjang 206.5 meter, lebar 28.8 meter serta berbobot 42.363 Gross Tonnage.

Selain itu, Zulkarnaini menjelaskan, sepanjang tahun 2016 ini, setidaknya ada sekitar 15 cruise yang telah menjadwalkan kunjungannya ke pelabuhan Sabang.

Karenanya, BPKS terus tingkatkan pelayanan, untuk menyambut cruise seperti menampilkan tarian traditional sebagai welcoming dance dan khusunya untuk pelayanan Pelabuhan berstandar International Ship and Port facility’s securities. Sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi kapal dan para turis pada saat turun Dari kapal. [AW|BPKS]