Aceh Sediakan Paket Wisata Ramadhan

Diskusi tentang paket wisata ramadan | Foto: Ahmad Ariska

Diskusi tentang paket wisata ramadan | Foto: Ahmad Ariska

Banda Aceh – Ramadhan tinggal menghitung hari. Bagi yang ingin melihat berbagai keunikan khas di bulan suci, berkunjunglah ke Aceh. Provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini memiliki banyak tradisi menarik yang dilakoni warganya dalam menyambut dan mengisi bulan puasa.

Beragam keunikan itu sekarang sudah dikemas dalam paket wisata dengan branding “Amazing Ramadhan in Aceh” yang diluncurkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, di Museum Tsunami, Banda Aceh, Rabu, 13 Mei 2015.

Kepala Disbudpar Aceh, Reza Pahlevi mengatakan, dengan adanya paket ini, wisatawan akan tertarik datang untuk melihat nuansa berbeda selama Ramadhan di Aceh.

“Berwisata selama bulan Ramadhan di Aceh, khususnya di Banda Aceh dan sekitarnya dengan melakukan berbagai aktivitas religious akan menjadi pengalaman yang sangat unik dan mengesankan,” ujarnya.

Target utama paket ini adalah wisatawan muslim khususnya dari Malaysia. Namun, kata Reza, wisatawan non muslim juga dipersilakan berkunjung untuk melihat keunikan Ramadhan di provinsi ini.

Paket wisata Ramadhan yang dikemas Disbudpar bersama pelaku usaha wisata, dan akan disediakan melalui agen-agen pariwisata atau travel. Lewat paket ini, wisatawan bisa menikmati sahur dan buka puasa bersama khas Aceh, shalat terutama tarawih berjamaah di masjid (khususnya Masjid Raya Baiturrahman), dan menikmati kuliner khas Ramadhan di Aceh.

Kemudian ada tradisi tadarus malam hari, khaduri khatam Alquran dan Nuzulul Quran, mengunjungi masjid-masjid, berziarah ke kuburan massal korban tsunami, berkunjung ke dayah (pesantren) atau panti anak yatim.

Selain itu turis juga bisa menikmati suasana berbeda pada pagi hari saat bulan puasa, dimana jalanan agak lenggang dan pasar-pasar yang sepi dan baru ramai menjelang sore. Nuansa ini hanya terjadi saat Ramadhan.

Selain paket wisata Ramadhan, Disbudpar juga meluncurkan paket wisata menarik lainnya bagi wisatawan yang ingin menjelajah Aceh yakni paket wisata petualang (Aceh Adventure), wisata air (Aceh Underwater), wisata tsunami (Tsunami Heritage) dan paket wisata “Banda Aceh-Sabang”.[SM]