Dukung Wisata Halal, Ada ProgramTakjil Senin-Kamis

Banda Aceh – Pasti aneh terdengar jika ada yang mengadakan buka puasa bersama untuk puasa sunah senin-kamis. Tapi itulah yang dilakukan oleh Remaja Masjid Baitul Musyahadah (RMBM) Banda Aceh. Masjid Baitul Musyahadah juga juga dengan Masjid Kupiah Meukutop.

Pasca Ramadhan 1437H yang lalu, RMBM tak kuasa menolak adanya keinginan sejumlah jemaah yang terus ingin berkontribusi untuk mendekatkan masyarakat dengan masjid, dan juga tidak ingin menghilangkan nuansa berpuasa dalam aktifitas sehari-hari.

Ketua Remaja Masjid Baitul Musyahadah, Mubashirullah mengatakan, selain terus bisa mendekatkan jemaah dengan mesjid, program ini juga ikut mendukung program wisata religi di Banda Aceh. “Apalagi saat ini, Aceh juga menjadi destinasi wisata halal, dan program yang kita gagas mendukung itu juga,” jelas Pria lulusan Kairo, Senin 1 Agustus 2016.

Lalu, saban Senin dan Kamis, para anggota RMBM terlihat sibuk menyajikan aneka takjil untuk berbuka puasa bagi yang menjalankan ibada puasa sunah. “Ada aneka makanan yang disajikan seperti kue dan minuman, bahkan dalam sebulan bisa jadi ada 4 hari yang menyajikan bubur kanji, layaknya menu berbuka puasa di bulan ramadhan,” ujar Bashir.

Takjil berbuka puasa ini tidak hanya ditujukan bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa sunah saja, tapi juga bagi semua jemaah yang hadir di masjid Baitul Musyahadah untuk menjalankan ibadah Shalat Maghrib.

“Ada banyak tamu yang singgah ke sini juga menikmati takjil ini, saya gak tahu mereka wisatawan atau bukan, tapi yang jelas pendatang dan melaksanakan Shalat Maghrib di sini,” jelas Bashir.

Harapannya, program berbuka Senin-Kamis, bisa meningkatkan silaturrahmi, dengan siapa saja. Selain itu juga untuk mendukung Banda Aceh sebagai kota tujuan wisata religi. “Para wisatawan bisa menikmati bagaimana berwisata halal dan indahnya beribadah di Banda Aceh,” sebut Bashir.

Renolia, seorang warga Gampong Kramat, Banda Aceh mengaku program ini baru pertama ditemukan di Masjid Baitul Musyahadah di Banda Aceh. “Bagi saya ini pertama kali saya melihat ada program berbuka puasa bersama untuk puasa sunah Senin-Kamis, sepertinya ini baru pertama kali ada di Banda Aceh,” ujarnya.

Menurutnya, program itu sangat bagus untuk mengajak warga dekat dengan ibadah-ibadah sunah. Ini juga menarik bagi pendatang ke Banda Aceh. Mau mencoba, silakan menikmati kuliner di sana, seperti layaknya nuansa Ramadan. [Yayan]

masjid kupiah3