Jenuh di Kota tapi Budget Minim? 10 Destinasi ini Solusinya

Ingin liburan ke luar Kota Banda Aceh tapi budgetnya minim? Bek panik. Berikut 10 destinasi wisata alam terdekat yang bisa kamu nikmati di akhir pekan meskipun sedang berkantong tipis.

by Makmur

Jumat sudah menjelang malam. Kamu tak sabar ingin mengakhiri rutinitas mingguan. Dan menghadapi akhir pekan, kamu terkadang harus melihatnya ibarat dua sisi mata uang. Satu sisi menyenangkan, di sisi lain menyedihkan.

Senang menyambut weekend di awal bulan atau ketika sedang dompet tebal. Akan berwajah murung jika di akhir bulan atau saat-saat isi dompet menipis drastis. Tapi untungnya stay di Banda Aceh, meski sedang bokek, agenda melepas penat di akhir pekan mudah kamu wujudkan.

Sebab dari ibu kota provinsi, ada banyak tujuan rekreasi di alam terbuka yang bisa ditempuh tak lebih dari 1 jam dan butuh biaya terjangkau. Sehingga memudahkan kamu dalam memenuhi agenda traveling ke luar kota. Terlebih jika bepergian dengan teman, budget bisa ditekan dan kamu bisa puas menikmati 10 objek pelesiran di Aceh Besar ini.

 

Bukit Lamreh


Bukit ini berada di timur Kota Banda Aceh. Destinasi paling Instagram-able dalam tiga tahun terakhir, terutama di Tanjung Ujung Kelindu. Di Puncak Tebing Bukit Lamreh ini juga kamu bisa ajak teman-teman untuk camping dan memancing di samudera lepas. Bukit ini pula sering dijadikan lokasi syuting baik pemotretan maupun acara tv seperti My Trip My Adventure.

 

Pantai Lhok Mee


Tak jauh dair Bukit Lamreh, turunlah ke Pantai Lhok Mee. Kamu akan menyaksikan hamparan pasir putih membentang dan menghadap Selat Melaka. Kamu akan terpana dengan keberadaan pohon-pohon “Geurumbang” yang tumbuh dalam air di bibir pantai. Di pantai ini bisa pula menjadi arena outbond bagi kamu yang traveling berkelompok.

 

Pemandian Ie Suuem

A post shared by LOVEACEH.com (@loveacehcom) on


Ini spa alami yang berada di Desa Ie Suuem, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Objek wisata kolam pemandian air panas ini juga dikenal dengan nama Wisata Ie Suuem, sangat patut kamu coba untuk terapi stress. Di sini ada kolam khusus lelaki dan perempuan yang dipisah, sehingga tidak melanggar nilai-nilai syariat islam.

 

Lhok Keutapang

A post shared by Muhammad Ubay (@mohd_ubay) on


Butuh sedikit perjuangan untuk mencapai destinasi di barat Kota Banda Aceh ini, karena harus mendaki perbukitan. Namun kelelahan terbayar lunas saat melewati padang ilalang, kamu langsung disambut panorama pantai dan Pulau Bunta di seberang. Di sini juga spot favorit untuk camping dan mancing.

 

Pulau Bunta

A post shared by Syara Dewi Nst (@syaradwnst) on


Tak puas dipandang dari Lhok Keutapang, sebaiknya sewalah boat di Banda Aceh, dan ajak teman-teman kamu melipir ke Pulau Bunta. Spot ini memiliki hamparan pasir putih dan permukaan laut yang hijau toska. Di bukit ini pula kamu bisa trekking dan jangan kaget kalau tiba-tiba berpapasan dengan babi hutan. Sebab pulau ini tak ada lagi penduduk.

 

Pulau Tuan

A post shared by Rinaldi Hasbi (@rinaldihasbi) on


Pulau kecil ini terletak di barat Kota Banda Aceh. Akan terlihat dalam tour boat ke Pulau Bunta atau rekreasi ke Ujong Pancu. Tapi sebenarnya kamu bisa menyediakan waktu khusus untuk singgah di pulau ini. Karena snorkeling dan diving adalah atraksi menarik yang bisa dinikmati di Pulau Tuan.

 

Puncak Goh Leumo

A post shared by Wisda Borjong (@borjongwisda) on


Ingin bermalam di puncak gunung dengan teman-teman? Goh Leumo pilihan terbaik, terletak di Peukan Bada. Hanya 3 – 4 jam pendakian untuk mencapai puncak dengan ketinggian sekitar 700 mdpl. Tapi beeeh, kamu akan melihat keindahan Kota Banda Aceh dari puncaknya. Moment terbaiknya adalah malam hari dan saat sunrise.

 

Pucok Krueng

A post shared by #pecintaair (@pecinta.air) on


Rasakan kesegaran alami di kolam pemandian pegunungan ini. Ia berada di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, namun harus menelusuri pedalaman untuk mencapai lokasi ini. Bak laguna di antara batuan pegunungan, kamu pasti ingin menceburkan diri ke kolam begitu tiba di sini.

 

Teluk Jantang

A post shared by Yusri Mantong (@yusri_mantong) on


Tersembunyi di balik perbukitan, Teluk Jantang merupakan pantai yang melengkung indah di sebuah teluk di Desa Jantang Meunasah Krueng Kala Pasie, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Pasi Blang Raya, hamparan laut luas, aktivitas nelayan mencari ikan, dan keindahan pasir putih Teluk Jantang. Namun tak direkomendasikan untuk mandi di sini.

 

Kuta Malaka

A post shared by Abdul Hadi (@abdul_hadi79) on


Kuta Malaka mungkin tempat yang cocok untuk kamu berlelah-lelahan dan puas menyaksikan keindahan alam. Di perbukitan Kuta Malaka, kamu bisa trekking di bukit gundul dengan panorama Bukit Barisan Pulau Sumatera, juga turun ke lembah untuk mandi di air terjunnya. Lalu kembali ke kota dengan puas.

Foto Cover by Mustawazir