Tempat Kapal Layar Melempar Jangkar

Sabang – Pelabuhan Marina Lhok Weng ada di Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Pelabuhan dengan keindahan alamnya menjadi tempat singgah kapal-kapal Yacht (kapal layar) saat berlangsungnya Sabang Marine Festival 2016, akhir April lalu.

Pelabuhan yang dikelola Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), menjadi tempat untuk mempromosikan Sabang ke wisatawan mancanegara. Untuk kapal layar yang singgah, regulasi dapat diurus mudah.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dwisuryo Indroyono Soesilo saat membuka Sabang Marine Festival mengatakan, izin masuk kapal-kapal layar (Yacht) ke Sabang dipermudah. Dimana untuk masuk ke Sabang mereka hanya memerlukan izin dari QICP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai serta Syahbandar). “Pelayanan QICP sendiri untuk di Sabang, kurang dari 2 jam sudah selesai. Begitu juga dengan kemudahan masuknya kapal pesiar (cruise),” jelasnya.

Lihat keindahan pelabuhan Marina Lhok Weng di atas. Foto direkam saat penyambutan Kapal Layar Wisata, 26 April 2016. [Ahmad Ariska|AW]